Header Ads

Himpaudi Jayaa

Siswa PAUD Se-Kabupaten Sidoarjo Peringati Hari Anak Nasional



Ribuan anak-anak PAUD serta TK/RA se-Kabupaten Sidoarjo peringati Hari Anak Nasional (HAN) ke 31 tahun 2015 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (6/8). Lautan anak menggambarkan banyaknya anak-anak balita tersebut memenuhi lapangan sepak bola. Dengan didamping guru pengasuhnya, mereka menyambut Hari Anak Nasional dengan senam Udang Bandeng (Udeng) bersama Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dan H. MG Hadi Sutjipto SH,MM.

Sebelum senam Udeng serentak dilakukan, bupati dan wakil bupati Sidoarjo yang didampingi istri mensosialisasikan gemar makan telur dan minum susu. Secara simbolis H. Saiful Ilah dan H. MG Hadi Sutjipto serta Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dan Ny. Hj. Nanik Hadi Sutjipto membagikan telur dan susu kepada anak-anak PAUD serta TK/RA. Dalam kesempatan tersebut orang nomer satu dan dua Sidoarjo tersebut juga mengkampanyekan Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA). Pembubuhan tanda tangan disertai pesan-pesan dilakukan oleh bupati dan wakil bupati Sidoarjo serta para pejabat Sidoarjo sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan GN-AKSA.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa peringatan Hari Anak dapat dimaknai bentuk kepedulian bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak di Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemerintah terus mendorong keluarga Indonesia untuk menjadi lembaga pertama dan utama di dalam melakukan pengasuhan yang berkualitas. Pengetahuan, ketrampilan serta pemahaman sangat dibutuhkan dalam keluarga agar dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak dapat terlaksana. Dengan begitu akan tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Mengingat anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, oleh karena itu kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, ke-pribadian, kecerdasan, ketrampilan, semangat kebangsaan dan kesegaran jasmani, ujarnya.

Menyikapi maraknya kasus kekerasan dan pelecehan anak akhir-akhir ini, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengaku prihatin. Ia katakan kekerasan dan pelecehan terhadap anak akan berdampak buruk pada tumbuh kembang anak. Bahkan tidak mungkin saat dewasa nanti, anak korban kekerasan dan pelecehan akan melakukan hal yang sama. Untuk itu kasus-kasus seperti itu menjadi kewaspadaan bersama dalam menjaga buah hatinya masing-masing.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan kasus kekerasan dan pelecehan anak banyak di lakukan oleh orang terdekat. Perhatian yang lebih dan pola asuh yang baik menjadi modal utama menghindari terjadinya kasus-kasus seperti itu. Selain dibutuhkan pola pengasuhan anak yang berkualitas, komunikasi yang baik antar anggota keluarga sangat diperlukan. Hal itu pinta bupati Sidoarjo harus menjadi konsep utama dalam keluarga saat ini.

Sementara itu Kapala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kabupaten Sidoarjo Drs. Ec. M. Ali Imron, MM mengatakan bahwa kegiatan kali ini merupakan puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang ke 31 tahun ini. Sebelumnya sampai M. Imron telah diawali dengan berbagai kegiatan perlombaan. Seperti lomba melukis, bercerita serta lomba menyanyi, melipat dan mengunting.

Pagi ini akan diserahkan secara simbolis hadiah lomba dan penghargaan tersebut oleh bupati Sidoarjo, ujarnya.

Sumber : sidoarjokab.go.id

No comments